«

»

Cetak ini Pos

KELUARGA YANG BERIBADAH KEPADA TUHAN

pdt-basPelayanan Unsur Persekutuan Kaum Bapak (PKB) adalah salah satu unit misioner dan wadah Pembinaan warga gereja. Semua anggota PKB dibina dan diberdayakan sebagai sumber daya insani untuk menjadi pelaku-pelaku misi disetiap ruang kehadirannya didalam keluarga, di dalam Jemaat, di tempat pekerjaan dan didalam masyarakat, bahkan dunia.
Sudah banyak karya nyata yang telah dilakukan oleh PKB GKI Lembah Yordan sampai diusia ke-7 tahun. Namum, ada banyak hal juga yang masih terus dilakukan oeh PKB. Thema HUT PKB  Tahun 2016 adalah BAPAK ADALAH IMAM DI TENGAH KELUARGA, oleh sebab itu sebagai Kaum Bapak kita diingatkan atau disadarkan untuk sedia memberi diri dibina dan diberdayakan sebagai Iman melalui pelayanan-pelayanan yang telah dilakukan dalam Jemaat melalui unsur PKB, agar dapat berfungsi dalam penguatan peran setiap Bapak dalam Keluarga, demikian Panggilan Beribadah saat Ibadah Syukur HUT PKB Lembah Yordan yang Ke-7, yang di pimpin oleh Pdt. Bastian Nanlohy,S.Th,M.Th .
Dalam khotbahnya dalam kitab Yosua 24 : 14 Pdt.Bastian Nanlohy,S.Th,M.Th memberikan gambarang dari sosok Yosua (bahasa Ibrani: éÀäåÉùËÑòÇ Yehoshuaʿ; bahasa Yunani: Ἰçóïῦò, Iesous, bahasa Arab: یæÔÚ Èä äæä Yūshaʿ ibn Nūn; bahasa Inggris: Joshua) bin Nun adalah pemimpin bangsa Israel yang menggantikan Musa dan yang membawa bangsa Israel masuk serta merebut tanah Kanaan, menurut catatan Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Sebelumnya ia adalah pembantu Musa dan menjadi salah satu dari 12 pengintai yang dikirim Musa untuk melihat tanah Kanaan (Bilangan 13).[1] Ia merupakan tokoh utama dalam Kitab Yosua. Nama sebenarnya adalah Hosea bin Nun dari suku Efraim, tetapi Musa memanggilnya Yehoshu’a (Yosua) (Bilangan 13:16) yang kemudian lebih umum dipakai. Dilahirkan di Mesir sebelum bangsa Israel ke luar dari tanah Mesir, dan meninggal di tanah Kanaan setelah mengatur pembagian tanah untuk setiap suku bersama imam Eleazar. Diduga sebaya dengan Kaleb bin Yefune dari suku Yehuda yang juga salah seorang pengintai.
Flavius Yosefus mencatat bahwa Yosua mati 20 tahun setelah memasuki dan merebut tanah Kanaan,[2] atau di akhir Zaman Perunggu. Menurut Yosua 24:29, Yosua meninggal pada usia 110 tahun.
Dari seorang Yosua ini, Persekutuan Kaum Bapak (PKB) GKI Lembah Yordan harus mengambil teladan bagaimana memotivasi diri menjadi Imam dalam Keluarga, saat ini ditengah kesibukan kerja dan pengaruh saat ini, hampir dijumpai sebagian Imam dalam Keluarga sibuk dengan kesibukannya, Pdt.Bastian Nanlohy,S.Th.M.Th mengajak setiap Kaum Bapak untuk berperan aktif dalam setiap keluarga sebagai Imam, agar misi kerjaan Allah dapat hadir ditengah-tengah keluarga kristen.

Dalam Sambutan Wakil Ketua PKB GKI Lembah Yordan , Bapak Ronald Owu , mengharapkan partisipasi dan peran aktif dari setiap Anggota PKB GKI Lembah Yordan, dimana hampir dijumpai dalam setiap Ibadah sedikit prosentase kehadirannya, padahal Kaum Bapak atau PKB adalah Imam dalam Keluarga, beliau mengingatkan sekaligus mengharapkan peran aktif Istri untuk mengingatkan setiap kaum bapak di GKI Lembah Yordan untuk aktif dalam setiap Ibadah hari senin. sebagaimana pesan melalui sub thema HUT PKB kali ini ” Melalui Perayaan HUT PKB Ke-VII, Hendaklah kita hidup sebagai Bapak-bapak yang Beribadah dan Cakap mengajarkan hal-hal yang baik.

Ketua Majelis Jemaat GKI Lembah Yordan Pdt. S Mandibondibo,S.Si.Theol yang juga memberikan pesan dan kesan, mengapresiasi PKB GKI Lembah Yordan, dimana diusia yang masih muda ini, PKB Lembah Yordan bisa melakukan Wisata Rohani ke Jemaat GKI Lukas Saba beberapa waktu lalu, dimana program bedah rumah mampu memberikan kontribusi bagi Jemaat disana, untuk itu diharapkan PKB GKI Lembah Yordan terus berperan dan lebih menunjukkan eksisitensi Imannya melalui kegiatan-kegiatan yang menunjang pelayanan GKI di Tanah Papua, terutama bagi Kemuliaan Nama Tuhan kita.

Pada Ibadah HUT PKB yang ketujuh ini, Ketua PKB GKI Lembah Yordan Bapak W Awom, memberikan sebuah Cinderamata dari Hasil Wista Rohani Ke Israel bulan Agustus Lalu kepada Ketua Pembangunan GKI Lembah Yordan, Bapak K F Mambay, SE,M.Pd.K dimana diterima oleh Ketua Majelis Jemaat.

Sumber Dokumentasi : Yonas Andato

Share Button

Tautan permanen menuju artikel ini: http://gkilembahyordan.org/2016/09/25/keluarga-yang-beribadah-kepada-tuhan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *